Emerald Commercial Kav. UA38,

Jl. Bulevar Selatan, Summarecon Bekasi

+62 8777 533 2360

halo@rumahgaleri.com

Compare Listings

Tahun 2017 Pekerja Non-Formal Bisa Beli Rumah dengan KPR Mikro

Tahun 2017 Pekerja Non-Formal Bisa Beli Rumah dengan KPR Mikro

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa KPR mikro adalah sebuah program pemerintah yang dibuat untuk para pekerja non-formal. Karena para pekerja non-formal ini tentunya tidak memiliki pendapatan dalam jumlah yang pasti setiap bulannya, sehingga dianggap tidak memiliki akses perbankan.

KPR mikro sendiri ditargetkan akan rilis pada tahun 2017, namun tidak langsung di seluruh Indonesia. Pihak pemerintah pun masih akan mempersiapkan prosesnya agar KPR ini bisa dengan mudah dipahami oleh masyarakat Indonesia. Pemerintah memastikan bahwa KPR ini akan melibatkan banyak lembaga keuangan. Bukan hanya akan melibatkan bank, KPR ini juga akan melibatkan lembaga keuangan non-bank. Langkah ini dilakukan oleh pemerintah guna mempermudah proses pemberian kredit.

Hampir Mirip BSPS

KPR mikro memiliki sedikit persamaan dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Persamaan ini ada pada proses aplikasinya, namun pemberian dananya tentu akan berbeda. Peserta BPS akan menerima dananya, sedangkan KPR ini mengambil dana semacam kredit. Meskipun sama-sama memberikan keuntungan, KPR mikro diprediksi akan lebih berisiko daripada BSPS. Hal ini disebabkan oleh adanya kewajiban MBR untuk mengembalikan dana kredit yang sudah diambil sebelumnya.

Program KPR ini memang ditargetkan untuk masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap dan tidak memiliki akses perbankan. Apabila tidak ditargetkan, maka bisa saja ke depannya akan ada perselisihan antara MBR yang mendapatkan BSPS dengan KPR mikro.

Perbedaan KPR Mikro dengan KPR Bersubsidi

Bukan hanya poin mirip dengan program BSPS, kita juga harus tahu perbedaannya dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau yang lebih dikenal dengan KPR bersubsidi. Bukan pada proses pengajuannya, perbedaan antara keduanya ada pada sistemnya.
Perlu diketahui bahwa KPR ini akan memberikan dana dan batasan harga rumah yang lebih kecil serta jangka waktunya lebih pendek dari KPR bersubsidi. Dengan kata lain, harga rumah untuk KPR mikro akan di bawah Rp133 juta dengan jangka waktu kurang dari 20 tahun.

Dihimpun Melalui Tapera

Sampai saat ini, masih ada perkiraan bahwa KPR mikro ini nantinya akan dihimpun melalui Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Dengan adanya penggabungan ini, diharapkan dapat membuat peraturannya jadi lebih terhitung dan terstruktur. Meskipun demikian, hal ini masih belum ada peraturannya.

Nah, bagaimana pendapat Anda akan program KPR mikro ini? Semoga program pemerintah yang satu ini dapat berjalan dengan baik dan manfaatnya bisa segera dirasakan, ya!

( Sumber : lensaproperti )

img

rumahgaleri

Related posts

Kiat Jitu Dalam Investasi

Dalam pameran seringkali kita melihat display produk produk yang menarik. Bahkan terkadang ada juga...

Continue reading
by rumahgaleri

3 Cara Memulai Bisnis Properti Supaya Berhasil Dan Sukses

Anda pasti ingin berhasil dalam menjalankan bisnis properti, dalam artikel berikut akan diberikan...

Continue reading
by rumahgaleri

Ragu Beli Rumah Pertama, Gunakan Jasa Agen Properti

Sebenarnya ada satu solusi untuk Anda yang merasa kesulitan mengawali langkah memiliki hunian,...

Continue reading
by rumahgaleri

Join The Discussion